Friday, May 1, 2015

SUKACITA SEJATI



SUKACITA SEJATI
I KETUT SUNALIS MUADI, S.TH
            Berbagai kesulitan seperti yang dialami gereja di dunia wajar membuat mereka kurang bersukacita. Kekuatiran baik tentang kehidupan pribadi maupun gereja memang bisa membuat kesukaan menjadi sesuatu yang tidak akrab dalam pengalaman Kristen. Tetapi Paulus mengingatkan bahwa sukacita Kristen berasal dari Tuhan (Filipi 4:4).         Sebaliknya dari membiarkan kondisi sukar mempengaruhi sikap Kristen, Paulus meminta agar Kristen di Filipi secara aktif menyatakan kebaikan hati mereka (Filipi 4:5). Status ‘dalam Tuhan’ yang menjadi sumber Kristen memiliki sukacita dan damai sejahtera tidak boleh dihayati oleh orang Kristen secara pasif. Hanya bila secara aktif orang Kristen memupuk status tersebut dalam doa, maka relasi dengan Tuhan itu menjadi komunikasi yang hidup dan hangat. Dalam kondisi demikian kekuatiran tak beroleh tempat sebab damai dan sukacita Allah sendiri penuh dalam hati orang percaya ( Filipi 4:4-7).
Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang sukacita.
I.                   SUKACITA HANYA ADA DAN BERSUMBER DARI TUHAN
1Taw 16:27  Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan sukacita ada di tempat-Nya.
Mzm 16:11  Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.
Yoh 15:11  Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.
Rm 15:13  Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.
Gal 5:22  Tetapibuah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
Dari beberapa ayat di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa sukacita itu hanya ada pada Tuhan dan bersumber dari Tuhan.
Dengan demikian maka sukacita hanya akan dimiliki oleh Orang  yang sungguh-sunguh memiliki hubungan dengan Tuhan.Orang-orang yang meliki hubungan dengan Tuhan adalah orang-orang yang telah diperdamaikan dengan Tuhan.Orang-orang yang telah diperdamaikan dengan Tuhan adalah orang-orang yang telah lahir baru.
Pdt. Sthepen Tong…..
Sukacita yang suci kita peroleh dari status atau kedudukan kita yang baru di dalam Tuhan.
Alkitab mengatakan dalam Filipi 4 : 4 “Bersukacitalah di dalam Tuhan!” Bukan sembarang sukacita, tetapi sukacita “di dalam Tuhan.”
Kata ini diulang sampai tiga kali di dalam Filipi 4 ini. Bersukacitalah di dalam Tuhan berarti sukacita yang benar hanya mungkin terjadi jika itu berada di dalam Tuhan.Di luar Tuhan tidak ada sukacita yang sejati, yang kudus, yang suci.
Bagi Allah hanya ada dua eksitensi, yaitu : 1). Di dalam Adam; atau 2) di dalam Kristus Tuhan. Di dalam Adam, manusia akan binasa; di dalam Kristus, manusia mengalami kebangkitan. Di dalam Adam ada ketidaktaatan, di dalam Kristus ada ketaatan, di dalam Adam hidup berdosa, dan di dalam Kristus hidup benar, di dalam Adam kita adalah anak-anak berontak, di dalam kristus kita adalah anak-anak yang diperdamaikan dengan Bapa di sorga. Di dalam Adam kita adalah anak-anak setan, anak-anak dunia yang berdosa, sedangkan di dalam kristus kita menjadi anak-anak Allah.Hanya ada dua jenis eksistensi ini dihadapan Tuhan Allah.
Penginjilan berarti membawa orang berpindah dari status di dalam Adam menuju status di dalam Kristus.Penginjilan bukan membawa orang dari luar gereja masuk ke dalam gereja.Penginjilan berarti membawa orang keluar dari status menuju kebinasaan menjadi orang yang berstatus menuju sorga yang kekal di dalam Kristus.Itulah sebabnya, sukacita sejati adalah sukacita di dalam Tuhan (Yesus).Di saat itu kita sudah memiliki status yang baru, dosa kita sudah diampuni, dan kita sudah diperdamaikan kembali dengan Allah.Sekalipun kita masih hidup di dalam dunia yang penuh dengan kesulitan, tetapi kita sudah berada di dalam Tuhan. Sekalipun lingkungan kita sangat berbeda dengan status kita, sekalipun banyak kesulitan yang menghadang di depan, sekalipun kita harus menempuh bahaya, semua itu terjadi dalam kondisi kita tetap bersukacita, yaitu status baru di dalam Tuhan.
Karena Sukacita hanya ada dan bersumber dari Tuhan maka tidak mungkin kita berbicara tentang sukacita di luar Tuhan. Hanya dalam Yesus ada sukacita....

II.                SUKACITA ITU BERBEDA DENGAN SENANG/HAPPY
Sukacita ditulis dalam Alkitab sebagai joy.Kita juga sering mendengar kata happy.Apa bedanya happy dengan joy?
·         Pengertian happy.
Happiness memiliki kata dasar yang sama dengan happening, yang bisa diartikan bahwa happiness didasarkan pada sesuatu atau kejadian.
Waktu kita diberkati kita senang, tapi begitu tidak ada berkat, semua rasa senang itu hilang.Happy itu adalah kesenangan karena kondisi, karena situasi.
Contoh
-          Karena harta banyak yang kita miliki maka kia akan happy. Tapi saat harta itu hilang, maka kita tidak lagi happy. Dengan demikian happy itu sangat bergantung pada situasi dan kondisi.
·         Pengertian Joy
Beda dengan joy (χαρα chara), sukacita, di mana dalam kondisi apa pun tetap sukacita. Mengapa bisa demikian? Karena sukacita ini bersumber dari Tuhan, maka selagi ada Tuhan melalui kehadiran Roh Kudus dalam hati kita maka kita akan tetap memiliki sukacita.
Joy tidak didasarkan pada kejadian tapi pada sumber kehidupan kita.Meskipun tidak ada kejadian yang menimbulkan happiness tetapi kita tetap bisa merasakan joy, karena joy berasal dari hati bukan dari kejadian-kejadian tapi dari Tuhan.


Kitab Filipi yang ditulis oleh Rasul Paulus adalah Kitab Sukacita.Waktu kita baca, Kitab ini berbicara mengenai sukacita, sukacita, dan sukacita. Dalam Kitab Filipi, sukacita itu dalam bahasa aslinya ditulis dengan 2 macam kata, yaitu chara dan chairo. Chara artinya joy. Sedangkan chairo artinya rejoice.
Sekarang, apa bedanya joy dengan rejoice? Waktu joy ada dalam hati kita, hidup kita, rasanya ada sukacita yang Tuhan berikan dalam hidup kita, saya alami, Saudara juga alami, ada sesuatu yang sukacita.Rejoice adalah manifestasi dari sukacita yang ada dalam hidup kita. Sehingga kita bisa angkat tangan, melompat-lompat, dan berseru dalam nama Tuhan.
Sukacita yang ketiga dari Filipi 3:1a dan Filipi 4:4a itu dalam bahasa aslinya bukan joy, tapi rejoice! Rejoice adalah manifestasi dari sukacita dalam hati Saudara. Waktu Saudara masuk ruang ibadah dan ada joy dalam hidup Saudara, sudah ada Chara, karena Saudara berdoa dengan sukacita, bersukacita dengan iman, maka saat Saudara datang ke tempat ibadah , Saudara meluap dengan sukacita. Ketika Worship Leader ajak bersukacita, tanpa diperintah pun, tanpa disuruh pun, Saudara angkat tangan sendiri, Saudara tepuk tangan, melompat-lompat.
Saudara yang dikasihi Tuhan, kalau kita punya sukacita dalam hati kita, tanpa disuruh pun kita angkat tangan.Saudara angkat tangan buat siapa?Tepuk tangan buat siapa?Kita menari-nari buat siapa? Semua itu kita lakukan buat Tuhan!
Mari kita rejoice sungguh-sungguh karena kita sungguh-sungguh cinta akan Tuhan, karena Tuhan sudah mengasihi lebih dahulu kepada kita. Jangan ragu-ragu! Ekspresikan seluruhnya hanya untuk satu nama: Tuhan Yesus Kristus.
Berikut ini bebarapa ayat tentang pentingnya menjadi hamba atau umat Tuhan yang penuh dengan sukacita.
Ul 28:47  "Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya,
Yes 35:10  dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.
Rm 14:17  Sebab KerajaanAllah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

III.             SUKACITA ADALAH SUMBER KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN
TB…….Neh 8:10  (8-11) Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"
AV…….Ne 8:10  Then he said unto them, Go your way, eat the fat, and drink the sweet, and send portions unto them for whom nothing is prepared: for this day is holy unto our Lord: neither be ye sorry; for the joy of the LORD is your strength.
NKJV……Ne 8:10  Then he said to them, "Go your way, eat the fat, drink the sweet, and send portions to those for whom nothing is prepared; for this day is holy to our LORD. Do not sorrow, for the joy of the LORD is your strength."
FAYH……Neh 8:10  (8-11) Inilah saat untuk bersukacita, untuk menikmati makanan dan minuman, dan untuk kamu membagi-bagikan sebagian dari kelebihanmu itu kepada orang-orang yang berkekurangan — karena sukacita TUHAN adalah kekuatanmu. Janganlah kamu murung dan bersedih hati."
VMD…..Neh 8:10  Nehemia mengatakan, “Pergi dan nikmatilah makanan yang enak dan minuman yang manis itu. Dan berikan makanan kepada orang yang tidak menyediakan makanan.Hari ini adalah hari yang istimewa bagi Tuhan.Jangan sedih karena sukacita yang dari TUHAN akan membuat kamu kuat.”
TL…..Neh 8:10  (8-11) Dan lagi katanya kepada mereka itu: Pergilah kamu, makanlah barang yang sedap dan minumlah barang yang manis dan kirimlah hadiah makanan kepada segala orang yang tiada disediakan baginya, karena sucilah hari ini bagi Tuhan kita, maka sebab itu janganlah kamu berdukacita, karena kesukaan yang dari pada Tuhan itulah juga kuatmu.

Dari beberapa terjemahan di atas kita dapat simpulkan bahwa Sukacita adalah kekuatan anda
1.      Kekuatan melawan penyakit

Sukacita seperti anti body yang akan melawan setiap penyakit yang menyerang. Mengapa demikian? karena sukacita itu adalah obat yang baik bagi tubuh kita.

Ams 15:13  Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Ams 17:22  Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

ESV…..Pr 17:22  A joyful heartis good medicine, but a crushed spirit dries up the bones.

TL…..Ams 17:22   Hati yang bersukacita itu akan membaiki obat, tetapi hati yang berdukacita itu mengeringkan tulang.

VMD…..Ams 17:22  Sukacita adalah obat yang baik, tetapi dukacita adalah penyakit.

Sukacita itu membentuk sitem kekebalan alami dalam tubuh. Ada dua sitem kekebalan Tubuh.
1. Sistem Kekebalan Alami
Jika tubuh terserang suatu penyakit, misalnya campak, tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan campak. Dibentuknya antibodi ini menyebabkan tubuh menjadi kebal (imun) terhadap campak.Kekebalan (imunitas) terhadap suatu penyakit yang dimiliki tubuh tanpa perlakuan tertentu ini dinamakan kekebalan alami/kekebalan perolehan (aquired immune). Contoh kekebalan alami yang lain adalah kebalnya bayi terhadap beberapa penyakit setelah menyusu pada hari pertama. Di dalam air susu ibu tersebut terkandung kolostrum yang kaya antibodi dan mineral. Kekebalan bayi ini bertahan beberapa hari sampai beberapa minggu.
Bagaimana tubuh dapat mengingat dan mengenali antigen yang pernah menyerang sebelumnya?Ternyata ada sel-sel khusus yang bertugas untuk mengingat dan mengenal antigen yang disebut sel-sel memori.  Inilah ciri khas sistem kekebalan tubuh: pengingatan/pengenalan dan pengkhususan. Pengenalan artinya sel-sel memori mampu mengingat dan mengenal antigen yang pernah menyerang tubuh.Sedangkan kekhususan berarti satu antibodi hanya cocok untuk satu antigen tertentu.Sebagai contoh antibodi cacar hanya cocok untuk antigen cacar dan tidak cocok untuk antigen lainnya.
2. Sistem Kekebalan Buatan
Kekebalan buatan adalah suatu bentuk kekebalan tubuh yang sengaja dibuat atau ditumbuhkan melalui pemberian vaksin.Vaksin adalah bibit penyakit (kuman/antigen) yang telah dilemahkan. Proses pemberian vaksin dalam tubuh disebut vaksinasi. Contohnya jika menginginkan tubuh memproduksi antibodi tetanus, maka seseorang disuntik bakteri tetanus yang telah dilemahkan.Vaksin tetanus yang masuk tersebut akan dianggap tubuh sebagai antigen sehingga tubuh akan memproduksi antibodi. Akibatnya tubuh menjadi kebal terhadap tetanus jika suatu saat penyakit tersebut menyerang.Kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin ini dinamakan kekebalan buatan dan termasuk kekebalan aktif karena tubuh membentuk antibodi sendiri.
Cara lain untuk menumbuhkan kekebalan pada tubuh adalah dengan menyuntikkan serum. Serum adalah plasma darah yang telah mengandung antibodi untuk melawan antigen tertentu.Pembuatan serum dilakukan dengan menyuntik kuda atau kelinci dengan vaksin tertentu.Setelah tubuh kelinci atau kuda membentuk antibodi, kemudian plasma darah yang mengandung antibodi diisolasi.Umumnya pemberian serum dilakukan untuk pengobatan dan bukan pencegahan.Misalnya seseorang yang digigit ular berbisa ditolong dengan menyuntikkan serum anti bisa ular.Pemberian serum seperti ini disebut dengan kekebalan pasif karena tubuh tidak membentuk antibodi sendiri.
Semua langkah untuk membuat tubuh menjadi kebal (imun) baik dengan vaksinasi maupun pemberian serum seperti di atas disebut dengan imunisasi.Dengan memahami sistem kekebalan di atas, kita tahu ada 2 jenis imunisasi, yaitu imunisasi alamiah dan imunisasi buatan.Seseorang yang pernah terinfeksi suatu penyakit dan akhirnya memperoleh kekebalan disebut memperoleh imunisasi alamiah.Sebaliknya jika memperoleh kekebalan karena pemberian vaksin atau serum disebut imunisasi buatan (artifisial).

2.      Kekuatan menghadapi Aniaya
2Kor 8:2  Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
Ibr 10:34  Memang kamu telah turut mengambil bagian dalam penderitaan orang-orang hukuman dan ketika harta kamu dirampas, kamu menerima hal itu dengan sukacita, sebab kamu tahu, bahwa kamu memiliki harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya.

AMIN

No comments:

Post a Comment