Friday, May 1, 2015

MANFAAT PERBUATAN BAIK



                     MANFAAT PERBUATAN BAIK
                                                      OLEH: I KETUT SUNALIS MUADI, S.TH

S
atu hal yang membedakan agama Kristen dengan agama-agama lain di dunia adalah pandangan tentang perbuatan baik. Kebanyakan agama menganut paham bahwa nasib kekal manusia tergantung pada perbuatan baik. Usaha keras manusia dalam berbuat baik dianggap akan bisa membawa manusia ke Surga.
Optimisme yang tak masuk akal ini didasarkan atas keyakinan berlebihan tentang kebenaran manusia dan ketidaktahuan tentang Kemahasucian Allah. Allah punya tolok ukur yang mutlak, Di hadapan Allah, kita akan binasa karena dosa dan kejahatan hidup kita. Alkitab menyatakan bawa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan. Kebenaran sempurna Tuhan Yesus adalah satu-satunya dasar yang melalui-Nya kita dapat bersekutu dengan Allah yang hidup. Moralitas bukanlah jawabannya untuk bisa selamat. Dari orang yang bejad, ke golongan berpendidikan, sampai ke orang yang sangat bermoral, semua sia-sia. Analoginya begini: tak ada pelajaran renang yang dapat menolong orang menyeberang dari pulau Jawa ke papua. Kita memerlukan seseorang yang dapat membawa kita ke sana. Itulah yang Kristus perbuat bagi kita.
Namun demikian ternyata perbuatan baik itu juga bermanfaat. Ada beberapa manfaat perbuatan baik.
I.                    PERBUATAN BAIK ADALAH KOSMETIK PALING BAIK

Kej 4:7  Apakah mukamu tidak akan berseri (שׂאת s@’eth), jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya." (TB)

Kata 'berseri' dalam ayat di atas dalam bahasa Ibraninya adalah (שׂאת s@’eth) yang mengadung banyak pengertian. Ada yang memberi arti: menengadah, bermartabat, diterima, merona   dan TB memberi arti berseri.

Meskipun demikian pada dasarnya prinsip pokoknya adalah bahwa perbuatan baik itu punya pengaruh yang signifikan terhadap wajah seseorang. Seolah-olah bisa dikatakan bahwa perbuatan baik itu ada kosmetik yang paling baik untuk wajah. Ketika kita berbuat baik, maka perbuatan baik itu akan menghiasi wajah kita sehingga berseri dan bersinar.

Banyak OrangKristen sekarang mencari dan memakai kosmetik yangpaling mahal dan paling terkenal untuk membuat wajah mereka terlihat cantik. Padahal Alkitab memberi tahu kita bahwa perbuatan baik itu adalah kosmetik yang membuat wajah kita berseri dan merona.

Paulus menasihati akar kita berdandan/berhias dengan perbuatan baik.


1Tim 2:10  tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.


II.                  PERBUATAN BAIK ADALAH SENJATA PALING AMPUH

Roma 12:17-21
17  Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!
18  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!
19  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.
20  Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
21  Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Berdasarkan ayat di atas Paulus hendak mengatakan bahwa satu-satunya senjata yang paling ampuh dan paling handal untuk mengalahkan kejahatan adalah kebaikan. Kembali lagi bahwa ternyata perbuatan baikitu sangat bermanfaat dalam menghadapi dan memerangi kejahatan.

Kalau dunia sekarang ini penuh dengan kejahatan pada prinsipnya bukan hanya karena orang-orang jahat itu begitu aktif, tapi karena orang-orang Kristen berhenti berbuat baik. Merajalelanya kejahatanan karena stagnannya kebaikan.

Paulus mengingatkan agar kita tidak jemu-jemu dalam berbuat baik.
Gal 6:9  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
2Tes 3:13  Dan kamu, saudara-saudara, janganlah jemu-jemu berbuat apa yang baik.

Mengapa?? Karena disaat kita jemu dalam berbuat baik kejahatan akan merajalela.

Senjata modern tercanggih saat ini hanya bisa menghacurkan gedung-gedung, infrastruktur namun tidak akan pernah mampu menghancurkan yang namanya kejahatan. Senjata satu-satunya yang mampu mengalahkan kejahatan adalah perbuatan baik.

III.                PERBUATAN BAIK ADALAH BEKAL YANG PALING TAHAN LAMA

TB........Wahyu 14:13   Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

KSKK.........Why 14:13  Aku mendengar seseorang dari surga berkata, "Tulislah ini: Mulai sekarang berbahagialah mereka yang telah mati dalam Tuhan. Roh berkata: Biarlah mereka beristirahat dari perjuangan mereka; perbuatan-perbuatan mereka yang baik akan selalu mengikuti mereka.

TMV........Why 14:13   Kemudian aku mendengar suara dari syurga berkata, "Tuliskanlah hal ini: Mulai sekarang, berbahagialah orang yang mati semasa mengabdi kepada Tuhan dengan setia!" "Benar!" jawab Roh Allah. "Mereka tidak berjerih payah lagi, kerana perbuatan baik mereka akan menyertai mereka."

Densus 88 dan TNI yang menangani kasus terorisme dalam upaya mengejar Group Santos dan Daeng Koro, saya lihat membawa bekal nasi khusus yang konon katanya bisa tahan lama. Namun demikian ternyata bekal itu tetap ada masa kadaluwarsanya. Dengan kata lain makanan itu berbatas waktu.

Namun Kitab Wahyu mengajar kita bahwa ada bekal yang tidak berbatas waktu dan tidak pernah kadaluwarsa. Bekal itu adalah Bekal perbuatan baik.

Mengapa Demikian? karena hanya perbuatan baik ini yang  bisa menjadi bekal kita saat kita mati.

                                                               AMIN

No comments:

Post a Comment