Thursday, May 7, 2015

KEKUATIRAN



KEKUATIRAN
OLEH: I KETUT SUNALIS MUADI, S.TH

        Dewasa ini kekhawatiran merupakan salah satu masalah emosi yang besar dan melumpuhkan.

Para ahli mengatakan bahwa asal mula kekhawatiran bukanlah dari luar, melainkan dari dalam. Kekhawatiran tidak berkaitan dengan pekerjaan, jadwal, komitmen kita, atau orang lain. Kekhawatiran berkaitan dengan cara kita dalam menanggapi tekanan dari luar yang dapat menimbulkan kecemasan. jika Anda menganalisanya dengan cermat, Anda akan tahu bahwa kekhawatiran merupakan masalah dari dalam. Untuk itulah dibutuhkan tanggung jawab kita untuk mengendalikannya.

Berdasarkan hal ini, kita akan belajar tentang "kekuatiran" yang akan  membantu kita agar terhindar dari dampak kehawatiran.

       I.            JENIS-JENIS KEKUATIRAN

Alkitab mengajarkan bahwa ada dua macam kekhawatiran:
1.      Kekuatiran yang negatif, membahayakan, dan melumpuhkan,
Mat 6:25  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Yang dimaksud dengan kekhawatiran yang negatif dalam Alkitab adalah keresahan dan kegelisahan yang menyusahkan. Yesus menyebutkan kata khawatir enam kali dalam Khotbah di Bukit (TB Matius 6). Ia meminta para pengikut-Nya untuk tidak khawatir akan pemeliharaan hidup sehari-hari: makanan, pakaian, tempat tinggal, atau bahkan masa depan.

Paulus mengatakan kepada
Flp 4:6  Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Petrus juga meminta para pembacanya untuk menyerahkan beban mereka kepada Allah
1Ptr 5:7  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

2.      Kekuatiran karena rasa prihatin yang positif dan berguna.

Kata merimnao dalam bahasa Yunani digunakan dalam Perjanjian Baru untuk mengacu pada kedua jenis kekhawatiran itu.

Namun tidak semua kekhawatiran itu buruk. Alkitab juga membahas tentang kekhawatiran yang positif.
 Dalam 2Kor 11:28 (versi king James),
28  besides the other things, what comes upon me daily: my deep concern( μεριμνα merimna) for all the churches.

Paulus berbicara tentang "keprihatinan yang mendalam terhadap semua jemaat". Kata prihatin di sini juga ditulis dengan kata Yunani merimnao, yang terdapat dalam penjelasan sebelumnya. Paulus mengkhawatirkan orang-orang percaya sehingga ia menulis pesan kepada mereka.

Gal 4:11  Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia.
1Tes 3:5  Itulah sebabnya, maka aku, karena tidak dapat tahan lagi, telah mengirim dia, supaya aku tahu tentang imanmu, karena aku kuatir kalau-kalau kamu telah dicobai oleh si penggoda dan kalau-kalau usaha kami menjadi sia-sia.

Mario Teguh mengatakan bahwa kuatir posif memicu kita hati- hati dan waspada, karena itu menurut mario teguh kekuatiran yang positif adalah anugrah Tuhan. Kita perlu kuatir ketika anak-anak kita bermain di tengah jalan, kita perlu kuatir ketika sedang berjalan di bawah pohon durian yang buahnya sedang matang, kita perlu kuatir berteduh dibawah pohon kelapa yang buahnya banyak yang kering.

Dengan demikian yang dilarang oleh Tuhan adalah kekuatiran yang negatif, yang membahayakan dan melumpuhkan.
    II.            FAKTA-FAKTA TENTANG KEKUATIRAN

1)      KEKUATIRAN  BISA DIALAMI SIAPA SAJA

Alkitab mengatakan bahwa tak seorangpun kebal dari kuatir. Artinya  siapapun bisa kuatir, bahkan termasuk orang kaya raya.

Ayb 20:22  Dalam kemewahannya yang berlimpah-limpah ia penuh kuatir; ia ditimpa kesusahan dengan sangat dahsyatnya.

Dengan demikian, jika orang kaya saja bisa kuatir apalagi orang yang tidak kaya.

2)      KEKUATIRAN ITU TIDAK ADA GUNANYA

Mat 6:27  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Maksud ayat ini adalah kekuatiran itu tak ada gunanya karena kekuatiran tdk mampu menambah sehasta saja pada jalan hidup seseorang. Tapi justru membawa pada hal-hal negatif.

v  Kekuatiran mengganggu kesehatan

Ams 12:25  Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.


v  Membuat FT tidak bertumbuh dan berbuah
Luk 8:14  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Mat 13:22  Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

Mrk 4:19  lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

Kekuatiran adalah penyakit/hama bagi rohani kita yang membuat FT tidak bisa bertumbuh dan berbuah.

v  Membuat Beban kita tambah berat
Mat 6:34  Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.
Genggaman tangan kita penuh dengan persoalan hari ini. Lalu, mengapa kesukaran hari esok juga harus ditanggung hari ini? Ada benarnya juga bahwa banyak hal yang kita khawatirkan acap kali tak pernah terjadi. Betapa bodohnya kita mengkhawatirkan apa yang tak pernah terjadi!
Kuatir akan hari esok menyebabkan kita memikul beban yang terlalu berat, karena Tuhan hanya memberi kekuatan untuk beban hari ini.
 III.            CARA MENGATASI KEKUATIRAN
Karena itu, orang-orang yang selalu khawatir perlu mengingat tiga kebenaran penting tentang Allah berikut ini.

*      PERCAYALAH DAN BERHARAPLAH KEPADA ALLAH

Banyak orang yang berusaha  mengatasi kekhawatiran dengan mencoba memecahkan sendiri setiap masalahnya. Orang ini berusaha keras memenuhi tuntutan hidup dengan kekuatan dan hikmatnya sendiri. Namun, orang yang bijak belajar menaruh keyakinannya kepada Allah.

Dalam  Mazmur 43:5. Di tengah tekanan, pemazmur berkata:

Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di
dalam diriku? Berharaplah ( יחל yachal) kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Perhatikan  kata yang muncul di tengah ayat ini: "Berharaplah kepada Allah!"
Kata "berharap" dalam ayat ini menggunakan kata "yachal" yang mengadung pengertian "Menanti-nantikan (קוה qavah )" dan juga "percaya".

Karena itu Kata "berharap" kadang-kadang digunakan secara sejajar dengan Kata "menanti-nantikan".

Mzm 130:5  Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya.

Dengan demikian orang yang berharap sama Tuhan adalah sama dengan orang yang menanti-nantikan Tuhan.

Orang yang menanti-nantikan/ berharap pada  Tuhan akan mendapatkan kekuatan baru.

Yes 40:31  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


Demikian juga Pemazmur percaya kepada Allah, dan tidak bersandar pada diri sendiri. Orang yang meminta pertolongan Allah berarti sudah mengambil langkah utama untuk mengatasi kekuatiran.

*      NYATAKAN DALAM DOA

Rasul Paulus menasihati kita

Flp 4:6  Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.:


Saya tahu terkadang kita enggan berdoa. Sesungguhnya, dalam keadaan tertekan, sering terlintas dalam benak kita, "Apa sih gunanya berdoa? Doa sama sekali tidak berarti." Namun, kerap kali ketika kita merasa jemu berdoa, kita justru sangat membutuhkannya.

Tuhan senantiasa menjawab jerit tangis anak-anak-Nya. Doa tidak saja mengubah segala sesuatu, tetapi juga mengubah manusia. Ada sesuatu yang terjadi pada saat kita berbicara kepada Bapa surgawi yang memberi kesegaran bagi roh dan memupus kecemasan. Pada saat Anda mencurahkan segala ketakutan dan mengarahkan perhatian kepada Tuhan, maka akan mulai terlihat bahwa sewaktu menjalin hubungan dengan kekuatan-Nya yang besar, hikmat dan kasih-Nya yang tak terbatas, kita akan menemukan bahwa hal-hal tersebut tidak seburuk dugaan kita. Roh Kudus akan memberikan ketenangan bagi jiwa kita. Ketegangan yang ada dalam diri kita akan menurun. Tentu saja, kita akan merasa lebih baik saat berbicara dengan Allah.

*      HIDUPLAH UNTUK HARI INI

Dalam Khotbah di Bukit Yesus berkata,

Mat 6:34  Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

H. P. Barker menceritakan kisah berikut, "Ketika masih kecil, aku kerap membantu ibu menyimpan apel. Dengan melingkarkan lengan sebesar mungkin, aku mencoba membawa apel dalam jumlah banyak sekaligus. Aku mencoba satu, dua langkah, tetapi satu demi satu apel itu jatuh. Ibu saya tertawa. Ia meletakkan sebuah apel di tanganku yang mungil, lalu memintaku untuk membawanya dan dilanjutkan dengan apel-apel lainnya dengan cara yang sama."

Barker lalu menerapkan prinsip ini, "Jangan pernah mencoba melingkarkan lengan Anda untuk setahun, atau seminggu sekalipun." Lebih baik katakan, "Hari telah berganti. Tuhan, tolonglah saya untuk menjalaninya bagi kemuliaan-Mu. Berikanlah pertolongan dan kekuatan yang saya butuhkan saat ini."

Nasihat yang baik! Daripada mencemaskan hal-hal di depan, lebih baik kita melakukan apa yang dapat dilakukan saat ini. Jika kita memaksakan diri membawa seluruh beban hari esok ke dalam kehidupan hari ini, maka hampir dapat dipastikan kita akan jatuh karena beban yang terlalu berat. Yesus berkata, "Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari" Matius 6:34).

Betapa bodohnya kita membawa kesulitan hari esok untuk hari ini!


*      SADARILAH KEHADIRAN ALLAH

Bacalah dua ayat yang menguatkan ini dengan saksama!

Ibr 13:5  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

Kesadaran akan kehadiran Allah merupakan penawar paling manjur untuk mengobati kekhawatiran. Kita dapat memegang jaminan yang diberikan pada ayat 5, yakni saat Allah berkata, "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau," sehingga kita dapat berkata, "Aku tidak akan takut."

Saya yakin Dia selalu hadir untuk memberikan penghiburan, menopang, dan menguatkan saya di jalan, di rumah, di ruang tunggu rumah sakit, dan di mana pun saya berada.

Ya, kehadiran Allah dapat melakukan perkara yang ajaib!


 IV.            SIKAP TIDAK KUATIR YANG SALAH
Tetapi ada ‘tidak kuatir’ yang salah, dan ada ‘tidak kuatir’ yang benar.
v  TIDAK KUATIR YANG SALAH:
*      Tidak kuatir karena percaya pada diri sendiri, orang tua, suami dan sebagainya. Ini salah! Yes 2:22).
Yes 31:1   Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.
Yes 2:22  Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?
*      Tidak kuatir karena bersikap apatis / acuh tak acuh. Ini fatalist (menyerah pada nasib)! Ini juga salah!

Ditempat saya ada seorang bapak yang kelihatan hidupnya begitu tenang sepertinya tidak ada kuatir sedikipun tentang hari esok. Ia tidak pusing ada beras atau tidak, ia tidak pusing dengan biaya pendidikan anak-anaknya, tidak pusing dengan masa depan keluarganya. Setelah dikenali dari dekat bukannya tidak kuatir tapi tidak peduli dengan keluarga.

v  TIDAK KUATIR YANG BENAR:
Tidak kuatir, karena percaya kepada Tuhan (Mat 6: 30).
AMIN

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete