MENGAPA ORANG
PERCAYA SAKIT???
I KETUT
SUNALIS MUADI, S.TH
Beriman kepada Kristus bukan
berarti akan membuat kita selalu sehat dan tidak pernah menderita sakit. Orang
Kristen bukanlah orang yang kebal dari penyakit atau tidak bisa sakit.Tapi
orang Kristen adalah orang yang punya kekebalan tubuh lebih dari orang lain
karena ia punya sukacita.
I.
KARENA
TIDAK MENGAKUI TUBUH TUHAN
1Kor 11:29 Karenabarangsiapa makan dan minum tanpa mengakui
tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman
atas dirinya.
30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan
sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
Dia memberitahu kita dengan jelas bahwa salah satu
alasan beberapa orang Kristen yang lemah dan sakit, dan mati di Korintus,
adalah bahwa mereka tidak mengakui tubuh Tuhan ketika mereka mengambil bagian
dalam Perjamuan Kudus.
Kesulitannya adalah apa maksud frase “tanpa
mengakui tubuh Tuhan”? Untuk itu kita perlu mencari tahu dalam terjemahan lain.
BIS……
1Kor 11:29 Sebab kalau orang makan roti
dan minum anggurtanpa mengindahkan bahwa perjamuan itu berkenaan dengan tubuh
Tuhan, orang itu makan dan minum untuk
menerima hukuman Allah atas dirinya sendiri.
FAYH……1Kor
11:29 Sebab, kalau ia makan roti dan
minum dari cawan itu dengan cara yang tidak patut tanpa memikirkan tubuh Kristus
dan memahami artinya, ia mendatangkan
hukuman Allah ke atas dirinya, sebab ia meremehkan kematian Kristus.
Wycliffe……
Yang tidak layak bukan mengacu
kepada orang yang ikut ambil bagian, tetapi kepada cara ia ikut ambil bagian.
Semua terhadap tubuh dan darah Tuhan orang senantiasa tidak layak.
Dengan demikian
saat kita perjamuan, kemudian tidak menghubungkan sama sekali dengan
tubuh dan darah Yesus tapi hanya untuk memuaskan keinginan minum dan makan maka
itulah maksud dari ayat ini.
Contoh
-
Ada orang perjamuan hanya main-main
-
Ada orang ikut perjamuan karena ingin anggur gratis.
Cara perjamuan semacam ini hanya akan membawa atau
menyebabkan saudara sakit dan mati.
II.
II. MENCEGAH
KESOMBONGAN DAN AKHIRNYA KUASA TUHAN BEKERJA
SEMPURNA
2Kor 12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena
penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku
diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu
seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
8 Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru
kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah
kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi
sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya
kuasa Kristus turun menaungi aku.
Dalam Bahasa
Yunani ada beberapa istilah untuk “duri”
1.
ακανθα (akantha)= Semak duri=Duri
pohon mawar/kaktus
Mat 27:29
Mereka menganyam sebuah mahkota duri (ακανθα
/akantha) dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu
memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di
hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: "Salam, hai Raja orang
Yahudi!"
2.
τριβολος (tribolos)=Rumput duri=widuri/
putri malu
Ibr 6:8
tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri (τριβολος/tribolos) , tidaklah ia
berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.
3.
σκολοψ (skolops)=Pasak kayu/duri
besar
2Kor 12:7 Dan supaya aku
jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri (σκολοψ /skolops) di dalam
dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk
menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
Duri yang dalam daging Paulus adalah (σκολοψ /skolops) yang
menunjuk pada sesuatu yang besar dan sangat menyakitkan jika menusuk daging.
Memang tidak
disebutkan secara jelas apa yang Paulus maksud dengan “Duri dalam Daging”nya
itu.
·
Dalam A Catholic Commentary on Holy
Scripture ed. Dom Orchard, p.1110 dikatakan bahwa duri dalam daging
tersebut kemungkinan adalah penyakit, seperti yang disebutkannya dalam Gal
4:13-14. Kemungkinan penyakitnya adalah nervous
disorder/kelainan yang menyebabkan
gugup, opthalmia/ kelainan mata, dan
malaria. Utusan Iblis yang disebutkan di sini mengacu kepada kenyataan bahwa
segala bentuk kelainan dan penyakit dihubungkan dengan Iblis.
·
Dalam The Navarre Bible, the
Letters of St Paul, p. 341, dikatakan bahwa St.Paulus menunjukkan kerendahan
hatinya, dengan mengatakan bahwa Tuhan mengizinkan ia mengalami hal ini
agar ia tidak menjadi sombong walaupun ia banyak dikaruniai karunia-karunia
supernatural. Adalah tidak mungkin untuk memastikan apakah arti persis dari
‘duri dalam daging ini’, dan berikut ini pandangan para Bapa Gereja:
- St. Augustinus: ‘duri’ ini mengacu pada penyakit tubuh yang memalukan(lih. Gal 4:13-14)
Gal 4:13
Kamu tahu, bahwa aku pertama kali telah memberitakan Injil kepadamu oleh
karena aku sakit pada
tubuhku.
14 Sungguhpun
demikian keadaan tubuhku itu, yang merupakan pencobaan bagi kamu, namun kamu
tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang hina dan yang menjijikkan, tetapi kamu
telah menyambut aku, sama seperti menyambut seorang malaikat Allah, malahan
sama seperti menyambut Kristus Yesus sendiri.
15 Betapa
bahagianya kamu pada waktu itu! Dan sekarang, di manakah bahagiamu itu?Karena
aku dapat bersaksi tentang kamu, bahwa jika mungkin, kamu telah mencungkil
matamu dan memberikannya kepadaku.
1Kor 2:3
Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahandan
dengan sangat takut dan gentar.
- Yohanes Krisostomus: ‘duri’ ini mengacu pada penderitaan/ sakitnya selama penganiayaan.
- Gregorius Agung: ‘duri’ ini mengacu pada pencobaan yang mengganggu hati nurani.
Kenyataan bahwa Tuhan tidak mengabulkannya, karena Ia ingin menunjukkan pada Rasul Paulus bahwa dalam kelemahan dan penganiayaan yang dialaminya, ia malah menjadi kuat, dengan adanya berkat supernatural dari Tuhan.
- Thomas Aquinas dalam komentarnya pada perikop ini, mengajarkan bahwa ada kalanya Tuhan mengizinkan terjadinya kejahatan (evil) untuk mendatangkan kebaikan yang lebih besar: contohnya, agar menjaga orang dari kesombongan [yaitu dosa yang terbesar], Ia sering mengizinkan orang-orang pilihan-Nya untuk ‘dipermalukan’ dengan penyakit, kelemahan, atau bahkan dengan dosa berat, supaya orang yang diajar untuk rendah hati tersebut dapat menyadari bahwa ia tak dapat berdiri teguh dengan usahanya sendiri….
Pada mulanya, Paulus tidak mengerti alasan mengapa Tuhan menaruh
"duri" dalam
dagingnya yang membuatnya begitu lemah dan menderita. Namun,
setelah ia memohon dalam doa dan Tuhan menolak mengangkat "duri"
tersebut, ia mulai melihat "duri" itu dari perspektif yang lain,
yakni perspektif Allah: supaya ia tidak
meninggikan diri.
Kuasa Allah tidak bisa bekerja pada orang sombong, dan untuk
menekan/mengerem kesombongan itu butuh duri/skolops
III.
III. UNTUK
MENGHASILKAN KETEKUNAN
Salah satu bentuk ujian adalah
“penyakit”. Penyakit bisa merupakan ujian yang akan membuat orang percaya
menjadi pribadi yang tekun.
Yak 1:3 sebab kamu tahu, bahwa ujian
terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
Ketekunan itu bukan sesuatu yang
otomatis tapi melalui proses. Terkadang Tuhan mengijinkan kita diproses dengan
penyakit agar kita tekun.
Ada orang yang tekun berdoa, khusuk
ibadah setelah dia punya penyakit berat.
IV.
AGAR
KITA MEMPUNYAI PENGENALAN PRIBADI DENGAN TUHAN
Bentuk ujian iman Ayub sangatlah
Kompleks.
-
Masalah ekonomi dimana hartanya diambil.
-
Masalah Keluarga di mana anak-anaknya
dimabil.
-
Masalah social dimana satu persatu
teman-teman dan koleganya mulai meninggalkan Ayub.
-
Selanjutnya masalah kesehatan dimana
Ayub menderita penyakit yang sangat menyiksa dia.
Semua masalah tersebut membawa Ayub
mengenal Tuhan secara pribadi.
Ayb 42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.
Banyak orang mengenal Tuhan hanya
dari apa kata orang. Tuhan adalah penyembuh ya kata orang. Tuhan adalah gembala
dari apa kata orang. Penyakit bisa membuat kita mengenal Tuhan sebagai
penyembuh dalam pengalaman pribadi.
V.
IV. KARENA
ADA MASALAH DENGAN SUKACITA
Untuk Bagian ini
sebaiknya baca khotbah saya sukacita.
Secara singkat saya
jelaskan sebagai berikut.
Dalam Nehemia 8:10 dikatan bahwa
TB…….Neh 8:10 (8-11) Lalu berkatalah ia kepada mereka:
"Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan
kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini
adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena
TUHAN itulah perlindunganmu!"
AV…….Ne 8:10 Then he said unto them, Go your way, eat the
fat, and drink the sweet, and send portions unto them for whom nothing is
prepared: for this day is holy unto our Lord: neither be ye sorry; for the joy of the LORD
is your strength.
NKJV……Ne 8:10 Then he said to them, "Go your way, eat
the fat, drink the sweet, and send portions to those for whom nothing is
prepared; for this day is holy to our LORD. Do not sorrow, for the joy of the LORD
is your strength."
FAYH……Neh 8:10 (8-11) Inilah saat untuk bersukacita, untuk
menikmati makanan dan minuman, dan untuk kamu membagi-bagikan sebagian dari
kelebihanmu itu kepada orang-orang yang berkekurangan — karena sukacita TUHAN
adalah kekuatanmu. Janganlah kamu murung dan bersedih hati."
VMD…..Neh 8:10 Nehemia mengatakan, “Pergi dan nikmatilah
makanan yang enak dan minuman yang manis itu. Dan berikan makanan kepada orang
yang tidak menyediakan makanan.Hari ini adalah hari yang istimewa bagi Tuhan.Jangan sedih karena
sukacita yang dari TUHAN akan membuat kamu kuat.”
TL…..Neh 8:10 (8-11) Dan lagi katanya kepada mereka itu:
Pergilah kamu, makanlah barang yang sedap dan minumlah barang yang manis dan
kirimlah hadiah makanan kepada segala orang yang tiada disediakan baginya,
karena sucilah hari ini bagi Tuhan kita, maka sebab itu janganlah kamu
berdukacita,
karena kesukaan yang dari pada Tuhan itulah juga kuatmu.
Dengan demikian
sukacita adalah kekuatan dan perlindungan dari iblis dan penyakit.
Ams 15:13 Hati yang gembira
membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Ams 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur,
tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
ESV…..Pr 17:22 A joyful heartis good medicine, but a crushed spirit dries up the bones.
TL…..Ams 17:22 ¶ Hati yang bersukacita itu akan membaiki obat, tetapi hati yang berdukacita itu mengeringkan
tulang.
VMD…..Ams 17:22 ¶ Sukacita adalah obat yang baik, tetapi dukacita adalah penyakit.
Orang yangpunya
sukacita seperti punya obat yang manjur dalam dirinya sendiri.Ia mempunya
kekebalan tubuh yang lebih dibanding orang-orang lainnya.
Untuk itu orang yang
sedih terus/murung terus karena sedih maka akan gampang sakit.
VI. V.
CARA
TUHAN MEMANGGIL PULANG
Menurut Tradisi Islam Elisa dikenal dengan nama Ilyasa (Elisa) (bahasa Arab: اليَسَع, Alyasa
dicatat dalam Al
Qur'an. Muslim
melihatnya sebagai penerus dari nabi Ilyas atau Elia.Ia disebutkan 2 kali di dalam Al Qur'an.
Nabi Ilyasa/Elisa ini ternyata matinya adalah karena sakit
2Raj 13:14 Ketika Elisa menderita
sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja
Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku!
Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"
Elisa adalah Nabi yang penuh urapan. Banyak
Mujizat kesembuhan yang ia kerjakan:
- Elisa menghidupkan kembali putra perempuan Sunem yang telah berbaik hati menyediakan kamar tidur berdinding batu di sebelah atas rumahnya, sebagai kediaman setiap kali Elisa berkunjung ke kota itu. (2 Raja-raja 4:8-37)
- Elisa juga menyembuhkan penyakit kusta Naaman, seorang panglima raja Aram. Penyakit kusta itu pindah ke Gehazi, hamba Elisa, yang serakah dan minta hadiah dari Naaman, tanpa seijin Elisa (2 Raja-raja 5:1-27).
- Mayat bangkit. Sesudah itu matilah Elisa, lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun. Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri (2 Raja-raja 13:20-21).
Elisa yang begitu luar bisa
bahkan sampai ia mati ternyata matinya karena sakit. Ini berarti
sakitnyaadalah cara Tuhan memanggil Elisa pulang.
No comments:
Post a Comment