Friday, May 1, 2015

MENGAPA ORANG PERCAYA SAKIT???



MENGAPA ORANG PERCAYA SAKIT???
I KETUT SUNALIS MUADI, S.TH
Beriman kepada Kristus bukan berarti akan membuat kita selalu sehat dan tidak pernah menderita sakit. Orang Kristen bukanlah orang yang kebal dari penyakit atau tidak bisa sakit.Tapi orang Kristen adalah orang yang punya kekebalan tubuh lebih dari orang lain karena ia punya sukacita.

I.                   KARENA TIDAK MENGAKUI TUBUH TUHAN
1Kor 11:29  Karenabarangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
30  Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
Dia memberitahu kita dengan jelas bahwa salah satu alasan beberapa orang Kristen yang lemah dan sakit, dan mati di Korintus, adalah bahwa mereka tidak mengakui tubuh Tuhan ketika mereka mengambil bagian dalam Perjamuan Kudus.
Kesulitannya adalah apa maksud frase “tanpa mengakui tubuh Tuhan”? Untuk itu kita perlu mencari tahu dalam terjemahan lain.
BIS…… 1Kor 11:29  Sebab kalau orang makan roti dan minum anggurtanpa mengindahkan bahwa perjamuan itu berkenaan dengan tubuh Tuhan, orang itu makan dan minum untuk menerima hukuman Allah atas dirinya sendiri.
FAYH……1Kor 11:29  Sebab, kalau ia makan roti dan minum dari cawan itu dengan cara yang tidak patut tanpa memikirkan tubuh Kristus dan memahami artinya, ia mendatangkan hukuman Allah ke atas dirinya, sebab ia meremehkan kematian Kristus.
Wycliffe……
Yang tidak layak bukan mengacu kepada orang yang ikut ambil bagian, tetapi kepada cara ia ikut ambil bagian. Semua terhadap tubuh dan darah Tuhan orang senantiasa tidak layak.
Dengan demikian  saat kita perjamuan, kemudian tidak menghubungkan sama sekali dengan tubuh dan darah Yesus tapi hanya untuk memuaskan keinginan minum dan makan maka itulah maksud dari ayat ini.
Contoh
-          Ada orang perjamuan hanya main-main
-          Ada orang ikut perjamuan karena ingin anggur gratis.
Cara perjamuan semacam ini hanya akan membawa atau menyebabkan saudara sakit dan mati.



II.                II.  MENCEGAH KESOMBONGAN DAN  AKHIRNYA KUASA TUHAN BEKERJA SEMPURNA

2Kor 12:7  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

8  Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
9  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Dalam Bahasa Yunani ada beberapa istilah untuk “duri”
1.       ακανθα (akantha)= Semak duri=Duri pohon mawar/kaktus

Mat 27:29  Mereka menganyam sebuah mahkota duri (ακανθα /akantha) dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: "Salam, hai Raja orang Yahudi!"

2.       τριβολος (tribolos)=Rumput duri=widuri/ putri malu

Ibr 6:8  tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri (τριβολος/tribolos) , tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.

3.       σκολοψ (skolops)=Pasak kayu/duri besar
2Kor 12:7  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri (σκολοψ /skolops) di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

Duri yang dalam daging Paulus adalah (σκολοψ /skolops) yang menunjuk pada sesuatu yang besar dan sangat menyakitkan jika menusuk daging.

Memang tidak disebutkan secara jelas apa yang Paulus maksud dengan “Duri dalam Daging”nya itu.
·         Dalam A Catholic Commentary on Holy Scripture ed. Dom Orchard, p.1110 dikatakan bahwa duri dalam daging tersebut kemungkinan adalah penyakit, seperti yang disebutkannya dalam Gal 4:13-14. Kemungkinan penyakitnya adalah nervous disorder/kelainan yang menyebabkan gugup, opthalmia/ kelainan mata, dan malaria. Utusan Iblis yang disebutkan di sini mengacu kepada kenyataan bahwa segala bentuk kelainan dan penyakit dihubungkan dengan Iblis.
·         Dalam The Navarre Bible, the Letters of St Paul, p. 341, dikatakan bahwa St.Paulus menunjukkan kerendahan hatinya, dengan mengatakan bahwa Tuhan mengizinkan ia mengalami hal ini agar ia tidak menjadi sombong walaupun ia banyak dikaruniai karunia-karunia supernatural. Adalah tidak mungkin untuk memastikan apakah arti persis dari ‘duri dalam daging ini’, dan berikut ini pandangan para Bapa Gereja:

- St. Augustinus: ‘duri’ ini mengacu pada penyakit tubuh yang memalukan(lih. Gal 4:13-14)
Gal 4:13  Kamu tahu, bahwa aku pertama kali telah memberitakan Injil kepadamu oleh karena aku sakit pada tubuhku.
14  Sungguhpun demikian keadaan tubuhku itu, yang merupakan pencobaan bagi kamu, namun kamu tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang hina dan yang menjijikkan, tetapi kamu telah menyambut aku, sama seperti menyambut seorang malaikat Allah, malahan sama seperti menyambut Kristus Yesus sendiri.
15  Betapa bahagianya kamu pada waktu itu! Dan sekarang, di manakah bahagiamu itu?Karena aku dapat bersaksi tentang kamu, bahwa jika mungkin, kamu telah mencungkil matamu dan memberikannya kepadaku.

1Kor 2:3  Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahandan dengan sangat takut dan gentar.


- Yohanes Krisostomus: ‘duri’ ini mengacu pada penderitaan/ sakitnya selama penganiayaan.
- Gregorius Agung: ‘duri’ ini mengacu pada pencobaan yang mengganggu hati nurani.
Kenyataan bahwa Tuhan tidak mengabulkannya, karena Ia ingin menunjukkan pada Rasul Paulus bahwa dalam kelemahan dan penganiayaan yang dialaminya, ia malah menjadi kuat, dengan adanya berkat supernatural dari Tuhan.

- Thomas Aquinas dalam komentarnya pada perikop ini, mengajarkan bahwa ada kalanya Tuhan mengizinkan terjadinya kejahatan (evil) untuk mendatangkan kebaikan yang lebih besar: contohnya, agar menjaga orang dari kesombongan [yaitu dosa yang terbesar], Ia sering mengizinkan orang-orang pilihan-Nya untuk ‘dipermalukan’ dengan penyakit, kelemahan, atau bahkan dengan dosa berat, supaya orang yang diajar untuk rendah hati tersebut dapat menyadari bahwa ia tak dapat berdiri teguh dengan usahanya sendiri….

Pada mulanya, Paulus tidak mengerti alasan mengapa Tuhan menaruh "duri" dalam
dagingnya yang membuatnya begitu lemah dan menderita. Namun, setelah ia memohon dalam doa dan Tuhan menolak mengangkat "duri" tersebut, ia mulai melihat "duri" itu dari perspektif yang lain, yakni perspektif Allah: supaya ia tidak
meninggikan diri.

Kuasa Allah tidak bisa bekerja pada orang sombong, dan untuk menekan/mengerem kesombongan itu butuh duri/skolops





III.             III.   UNTUK MENGHASILKAN KETEKUNAN

Salah satu bentuk ujian adalah “penyakit”. Penyakit bisa merupakan ujian yang akan membuat orang percaya menjadi pribadi yang tekun.

Yak 1:3  sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

Ketekunan itu bukan sesuatu yang otomatis tapi melalui proses. Terkadang Tuhan mengijinkan kita diproses dengan penyakit agar kita tekun.

Ada orang yang tekun berdoa, khusuk ibadah setelah dia punya penyakit berat.


IV.             AGAR KITA MEMPUNYAI PENGENALAN PRIBADI DENGAN TUHAN

Bentuk ujian iman Ayub sangatlah Kompleks.
-          Masalah ekonomi dimana hartanya diambil.
-          Masalah Keluarga di mana anak-anaknya dimabil.
-          Masalah social dimana satu persatu teman-teman dan koleganya mulai meninggalkan Ayub.
-          Selanjutnya masalah kesehatan dimana Ayub menderita penyakit yang sangat menyiksa dia.

Semua masalah tersebut membawa Ayub mengenal Tuhan secara pribadi.

Ayb 42:5  Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

Banyak orang mengenal Tuhan hanya dari apa kata orang. Tuhan adalah penyembuh ya kata orang. Tuhan adalah gembala dari apa kata orang. Penyakit bisa membuat kita mengenal Tuhan sebagai penyembuh dalam pengalaman pribadi.

V.                IV.   KARENA ADA MASALAH DENGAN SUKACITA
Untuk Bagian ini sebaiknya baca khotbah saya sukacita.
Secara singkat saya jelaskan sebagai berikut.
Dalam Nehemia 8:10 dikatan bahwa
TB…….Neh 8:10  (8-11) Lalu berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah kamu, makanlah sedap-sedapan dan minumlah minuman manis dan kirimlah sebagian kepada mereka yang tidak sedia apa-apa, karena hari ini adalah kudus bagi Tuhan kita! Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!"
AV…….Ne 8:10  Then he said unto them, Go your way, eat the fat, and drink the sweet, and send portions unto them for whom nothing is prepared: for this day is holy unto our Lord: neither be ye sorry; for the joy of the LORD is your strength.
NKJV……Ne 8:10  Then he said to them, "Go your way, eat the fat, drink the sweet, and send portions to those for whom nothing is prepared; for this day is holy to our LORD. Do not sorrow, for the joy of the LORD is your strength."
FAYH……Neh 8:10  (8-11) Inilah saat untuk bersukacita, untuk menikmati makanan dan minuman, dan untuk kamu membagi-bagikan sebagian dari kelebihanmu itu kepada orang-orang yang berkekurangan — karena sukacita TUHAN adalah kekuatanmu. Janganlah kamu murung dan bersedih hati."
VMD…..Neh 8:10  Nehemia mengatakan, “Pergi dan nikmatilah makanan yang enak dan minuman yang manis itu. Dan berikan makanan kepada orang yang tidak menyediakan makanan.Hari ini adalah hari yang istimewa bagi Tuhan.Jangan sedih karena sukacita yang dari TUHAN akan membuat kamu kuat.”
TL…..Neh 8:10  (8-11) Dan lagi katanya kepada mereka itu: Pergilah kamu, makanlah barang yang sedap dan minumlah barang yang manis dan kirimlah hadiah makanan kepada segala orang yang tiada disediakan baginya, karena sucilah hari ini bagi Tuhan kita, maka sebab itu janganlah kamu berdukacita, karena kesukaan yang dari pada Tuhan itulah juga kuatmu.
Dengan demikian sukacita adalah kekuatan dan perlindungan dari iblis dan penyakit.
Ams 15:13  Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Ams 17:22  Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

ESV…..Pr 17:22  A joyful heartis good medicine, but a crushed spirit dries up the bones.

TL…..Ams 17:22 ¶  Hati yang bersukacita itu akan membaiki obat, tetapi hati yang berdukacita itu mengeringkan tulang.

VMD…..Ams 17:22 ¶  Sukacita adalah obat yang baik, tetapi dukacita adalah penyakit.
Orang yangpunya sukacita seperti punya obat yang manjur dalam dirinya sendiri.Ia mempunya kekebalan tubuh yang lebih dibanding orang-orang lainnya.
Untuk itu orang yang sedih terus/murung terus karena sedih maka akan gampang sakit.


 
VI.            V.    CARA TUHAN MEMANGGIL PULANG

Menurut Tradisi Islam Elisa dikenal dengan nama Ilyasa (Elisa) (bahasa Arab: اليَسَع, Alyasa dicatat dalam Al Qur'an. Muslim melihatnya sebagai penerus dari nabi Ilyas atau Elia.Ia disebutkan 2 kali di dalam Al Qur'an.
Nabi Ilyasa/Elisa ini ternyata matinya adalah karena sakit

2Raj 13:14  Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"

Elisa adalah Nabi yang penuh urapan. Banyak Mujizat kesembuhan yang ia kerjakan:
    • Elisa menghidupkan kembali putra perempuan Sunem yang telah berbaik hati menyediakan kamar tidur berdinding batu di sebelah atas rumahnya, sebagai kediaman setiap kali Elisa berkunjung ke kota itu. (2 Raja-raja 4:8-37)
    • Elisa juga menyembuhkan penyakit kusta Naaman, seorang panglima raja Aram. Penyakit kusta itu pindah ke Gehazi, hamba Elisa, yang serakah dan minta hadiah dari Naaman, tanpa seijin Elisa (2 Raja-raja 5:1-27).
    • Mayat bangkit. Sesudah itu matilah Elisa, lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun. Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri (2 Raja-raja 13:20-21).
Elisa yang begitu luar bisa  bahkan sampai ia mati ternyata matinya karena sakit. Ini berarti sakitnyaadalah cara Tuhan memanggil Elisa pulang.

No comments:

Post a Comment