Wednesday, April 8, 2015

MURAH HATI



MURAH HATI
Pkh 11:1-6
1  Lemparkanlah rotimu ke air, maka engkau akan mendapatnya kembali lama setelah itu.
2  Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.
3  Bila awan-awan sarat mengandung hujan, maka hujan itu dicurahkannya ke atas bumi; dan bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, di tempat pohon itu jatuh, di situ ia tinggal terletak.
4  Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.
5  Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu.
6  Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.

Murah Hati menguntungkan diri sendiri.
Ams 11:17  Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.(TB)
Ams 11:17 Orang yang baik hati menguntungkan dirinya; orang yang kejam merugikan dirinya.(BIS)
Murah hati adalah Sifat Allah
Luk 6:36  Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."
Murah Hati adalah Tanda Kasih
1Kor 13:4  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.



I.          BERMURAH HATILAH KARENA HAL ITU ADALAH INVESTASI
Pkh 11:1  Lemparkanlah rotimu ke air, maka engkau akan mendapatnya kembali lama setelah itu.(TB)
Pkh 11:1  BERILAH dengan limpah karena kelak pemberian-pemberianmu akan kembali kepadamu. (FAYH)
Pkh 11:1 Tanamlah uangmu dalam usaha di luar negeri.Pasti kaudapat untung di kemudian hari. (BIS)

Lemparkanlah rotimu … ……… Maksud ayat ATAU peribahasa  ini kurang jelas.
-          Ada yang mengartikannya sehubungan dengan penangkapan ikan: melemparkan umpan ke dalam air, yang kembali berupa ikan yang ditangkap.
-          Lain ahli menghubungkan dengan Investasi: modal yang ditanam dalam perusahaan semacam itu kembali berupa untung.
Tidak ada penjelasan pasti mengenai amsal ini. Secara tradisi dianggap sebagai nasihat untuk bersikap murah hati, yang orang harus lemparkan (harf. berikan) kepada orang lain, tanpa memperoleh balasan langsung, tetapi yang kelak akan mendatangkan upah/balasan bagi pemberinya.
Kalimat ini, “lemparkan rotimu ke air,” adalah kata bijak orang Israel untuk suatu yang sepertinya pengeluaran yang tidak berguna. Tidak ada orang mengambil roti yang baik kemudian membuangnya ke sungai; hal itu akan dianggap sebagai suatu yang percuma dan tak berguna.
Akan tetapi Qoheleth menganjurkan kita untuk melakukan hal itu. Ini tidak mendorong kita melakukan pemborosan, secara sembrono dan tidak hati-hati memberikan uang kita, menghabiskannya seperti pelaut mabuk.
Maksud pengkhotbah disini adalah meskipun kemurahan hati tampaknya seperti pemborosan tak berguna, namun pada dasarnya kemurahan hati adalah sebuah Ivestasi. Karena investasi, maka tentunya akan kembali kepada kita keuntungannya.
Untuk itu Salomo sendiri mengatakan bahwa Murah hati itu menguntungkan diri sendiri.
Ams 11:17  Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.(TB)
Ams 11:17 Orang yang baik hati menguntungkan dirinya; orang yang kejam merugikan dirinya.(BIS)
Dengan demikian orang yang murah hati kelihatannya melakukan pemborosan percuma namun sebenarnya akan membawa keuntungan tersendiri suatu saat kelak.
Dalam Jangka pendek artinya selama kita hidup
-          Ada seorang Pemimpin Kristen  yang lagi dikejar-kejar pasukan Kaisar Nero. Ia bertemu dengan seekor singa yang tidak bisa berjalan karena kakinya tertusuk kayu runcing. Orang ini mendekati singa tersebut dengan rasa belas kasihan yang amat mendalam seraya melepaskan kayu runcing yang tertancap pada kaki singa tersebut.
Tahun demi tahun berlalu akhirnya tertangkaplah pemimpin Kristen ini. Oleh Kaisar Nero orang ini dimasukan di suatu gelanggang untuk diadu dengan  singa. Ini adalah cara umum untuk orang Kristen yang dituduh membakar kota Roma.
Ketika eksekusi dilaksanakan dilepaslah seekor singa besar dan orang Kristen tadi dalam satu gelanggang.Namun anehnya singa tadi berlari ke arah orang tersebut bukan memangsa orang tersebut tapi justru singa tersebut menjilat-jilat orang tersebut.

Ini adalah bukti bahwa kemurahan hati/belas kasihan adalah sebuah investasi.
Jangka panjang yaitu dalam kekekalan
EX.
-          Orang kaya yang mati masukl neraka Cuma karena tidak ada kemurahan hati dan belas kasihan terhadap lasarus yang membutuhkan pertolongan.
-          Orang yang tidak murah hati tidak akan masuk surga karena Bapa Murah hati
Luk 6:36  Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."


II.         BERMURAH  HATILAH SEBANYAK YANG ENGKAU BISA
TB…….Pkh 11:2  Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.
BIS……Pkh 11:2  Tanamlah modalmu di berbagai niaga; carilah usaha sebanyak-banyaknya.Sebab orang perlu waspada, sebelum musibah menimpa.
FAYH…….2  Bagikan pemberianmu di antara banyak orang — tujuh atau delapan orang— karena pada hari-hari yang mendatang engkau sendiri mungkin memerlukan banyak pertolongan.
Juga seluas mungkin: “Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.” Ini tidak membatasi kita berapa banyak kita harus menolong. Ini adalah idiom Ibrani, yaitu " Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang," adalah cara untuk mengungkapkan “berikalah sebanyak yang engkau bisa” Murah hatilah. Jangan berhenti dengan beberapa kebutuhan disekitar anda; jangan katakan,”saya sudah memberi dikantor,” ketika seorang meminta pertolongan dirumah anda. Anda tidak bisa tahu kejahatan apa yang bisa dihindari dengan pemberian anda; itulah implikasi dari ayat ini.
Pemberian adalah cara memenuhi kebutuhan, tapi seringkali kebutuhan tidak sepenuhnya diungkapkan. Seringkali kita harus sensitive akan kebutuhan seseorang, dan kenyataan bahwa dalam kesombongan mereka menyimpan kebutuhan. Tapi jika kita murah hati dalam memberi kita sering memenuhi kebutuhan yang kita tidak tahu sama sekali; Jika kita menyebarkannya dengan bijaksana kita bisa terus menerus memenuhi kebutuhan yang tersebat dengan cara itu.

Kalau Truk kapasitasnya 20 ton muatlah 20 ton karena kalau suatu saat truknya rusak butuh biaya lebih besar untuk memperbaikinya.
Kalau anda punya kapasitas banyak kenapa sedikit.
EX
-          Ayub rupa-rupanya orang yang murah hati saat ia kaya. Setelah bangkrut ia cepat pulih karena teman-teman, kenalan-kenalannya membantunya.Ia menuai apa yang ia tanam secara maksimal.

III.       BERMURAH HATILAH KARENA ITU TANDA TELAH  DIBERKATI
TB……..Pkh 11:3  Bila awan-awan sarat mengandung hujan, maka hujan itu dicurahkannya ke atas bumi; dan bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, di tempat pohon itu jatuh, di situ ia tinggal terletak.
BIS…….Pkh 11:3  Ke arah mana pun pohon itu rubuh, tetap akan terbaring di tempat ia jatuh. Bila awan mengandung air hingga sarat, hujan pun turun ke bumi dengan lebat.
FAYH……PKH 11:3  Apabila awan-awan sudah sarat, hujan pun turunlah. Apabila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, maka pohon itu akan tetap tergeletak di tempat jatuhnya.
Awan yang berair otomatis akan menurunkan hujan ke bumi. Orang yang diberkati seharusnya otomatis menjadi berkat bagi orang lain.
Yud 1:12  Mereka inilah noda dalam perjamuan kasihmu, di mana mereka tidak malu-malu melahap dan hanya mementingkan dirinya sendiri; mereka bagaikan awan yang tak berair, yang berlalu ditiup angin; mereka bagaikan pohon-pohon yang dalam musim gugur tidak menghasilkan buah, pohon-pohon yang terbantun dengan akar-akarnya dan yang mati sama sekali.
Abraham diperintahkan untuk menjadi berkat setelah ia diberkati. Dan setiap orang yang telah diberkati patut menjadi berkat.
-          Orang yang diberkati secara rohani wajib jadi berkat secara rohani
-          Orang yang diberkati secara jasmani wajib jadi berkat secara jasmani
-          Orang yang diberkati dalam ilmu pengetahuan, wajib jadi berkat dalam bidang pengetahuan.

Segala berkat yang ditahan akan menjadi kutuk.



IV.       BERMURAH HATILAHDIMANA KITA DITEMPATKAN
TB……..Pkh 11:3  Bila awan-awan sarat mengandung hujan, maka hujan itu dicurahkannya ke atas bumi; dan bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, di tempat pohon itu jatuh, di situ ia tinggal terletak.

BIS…….Pkh 11:3  Ke arah mana pun pohon itu rubuh, tetap akan terbaring di tempat ia jatuh.Bila awan mengandung air hingga sarat, hujan pun turun ke bumi dengan lebat.
FAYH……PKH 11:3  Apabila awan-awan sudah sarat, hujan pun turunlah. Apabila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, maka pohon itu akan tetap tergeletak di tempat jatuhnya.


Ada 4 alasan melakukan kemurahan ini.Hal ini secara khusus sangat tepat untuk kita.Penyelidik sekali lagi mengutip beberapa amsal.(Sangat jelas kalau Raja Salomo menulis kitab Amsal karena dia menyukainya juga.) Disini ada 2 alasan, dalam ayat 3:
Bila awan-awan sarat mengandung hujan, maka hujan itu dicurahkannya ke atas bumi;
[tidak ada orang yang bisa menolak itu di
California] dan bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara, di tempat pohon itu jatuh, di situ ia tinggal terletak.
{Pengk 11:3 RSV}
Kita setuju dengan hal itu, tapi apa artinya? Kita harus mengerti ini dalam konteks keseluruhan.Alasan pertama adalah kita harus murah hati karena itu aliran alami kehidupan yang penuh; seperti awan dipenuhi hujan dan mengosongkannya berkali-kali diatas bumi.
Minggu lalu saya terpesona menyaksikan laporan cuaca tentang Badai Iwa, yang menghantam pulau Hawai dan membuang jutaan gallon air.Kemudian dia berpindah disebelah Pacific dan menghantam pantai utara, membuang jutaan air pada kita.Dia bergerak ke Sierras, kemudian ke Rockies dan menyebrang ke Plain States sehingga menyebabkan banjir yang terjadi sekarang ini di Missouri, Arkansas and lembah Mississippi.Kemudian dia menyebrang dan menumpahkan air sekali lagi dipantai utara dan terakhir diAtlantik. Seperti awan yang dipenuhi air, kehidupan yang penuh dan diberkati oleh anugrah Tuhan harus ditumpahkan kepada yang lain. Ingat kata Yesus, Dengan bebas menerima, dengan bebas memberi," {cf, Matt 10:8}.Tuhan telah memberkati negara kita dengan berlimpah. Selain resesi yang terjadi sekarang ini kita tetap Negara terkaya dibumi, yang paling miskin diantara kita lebih baik daripada yang kaya dibanyak Negara lain didunia. Tuhan dengan limpahnya sudah memberkati kita.Kita harus memberi karena itu adalah aliran alami kehidupan yang telah dipenuhi oleh berkat Tuhan, tidak hanya secara fisik, tapi rohani dan juga emosi.
Perumpamaan kedua tentang pohon tumbang ke utara atau selatan lebih sulit, tapi waktu lalu saya melihat moto didapur seseorang yang menangkap dengan tepat apa yang diungkapkan idiom ini: ini sebuah slogan, “mekar dimana engkau tanam.” Maksudnya, Tuhan yang mengatur jatuhnya pohon dihutan; apakah jatuh keselatan atau keutara ada dalam pemeliharaan Ilahi, tapi dimana jatuhnya, disitulah seharusnya. Ini cara Salomo mengatakannya pada kita, “dimana Tuhan meletakan anda, dalam keadaan anda sebenarnya, disitulah anda memberi.Penuhi kebutuhan disekitar anda.Berikan kebutuhan mereka yang berhubungan dengan anda.”Hal itu tidak selalu berarti wilayah.Anda mungkin berhubungan dengan seseorang yang berada setengah belahan bumi dari anda yang anda tahu kebutuhannya, tapi Tuhan membuat anda tahun sehingga anda bisa memenuhi kebutuhannya.
Ex
-          Mercusuar

V.        BERMURAH HATILAH SEKARANG DAN JANGAN MENUNGGU KEADAAN YANG SEMPURNA

TB……..4  Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.
BIS……4  Siapa menunggu sampai angin dan cuaca sempurna, tak akan menanam dan tidak pula memetik hasilnya.
FAYH…..4  Jika engkau selalu menunggu-nunggu keadaan yang sempurna untuk menabur, engkau tidak akan menuai, tidak akan ada sesuatu pun yang dapat kauhasilkan
Maksudnya, jangan menunggu waktu yang suatu waktu yang sempurna dalam memberi.Jangan tunggu sampai anda pasti angka dalam bank baru anda memberi.Ini pesan yang baik untuk anak muda. Anda seringkali berpikir bahwa karena pendapatan anda terbatas anda tidak harus memberi, tapi jika anda menunggu sampai anda mendapat cukup unang untuk hidup baru memberi anda tidak akan pernah memberi. Berikan sewaktu kebutuhan ada, sewaktu kesempatan ada, sebatas kemampuan anda; itulah arti pernyataannya disini.
Akhirnya, alasan keempat, yang sangat mendalam, muncul dalam ayat 5-6:
Sebagaimana engkau tidak mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung, demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan
Allah yang melakukan segala sesuatu.
Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.
{Pengk 11:5-6 RSV}
Perhatikan ada 2 kali kata, “tidak mengetahui” dalam bahasa inggris. Sekali lagi, maksud hal ini adalah apa yang sudah sering kali kita lihat dalam kitab ini tentang misteri hidup. Ada banyak yang tidak kita ketahui. Salah satunya yang belum dimengerti orang walaupun dalam dunia ilmu yang berkembang sekarang, adalah, Bagaimana engkau mengetahui jalan angin dan tulang-tulang dalam rahim seorang perempuan yang mengandung .” Bagaimana kepribadian manusia, keunikan kemanusiaan kita, yang membedakan kita dari binatang, diberikan pada yang belum lahir?Tidak ada yang tahu, tapi itu nyata; seorang bayi adalah manusia.Ini salah satu ayat yang dengan jelas mendukung gerakan anti aborsi saat ini, karena dengan jelas menyatakan bahwa janin adalah manusia.
Ayat ini menunjukan kekurangm mengertian kita tentang kuasa Tuhan.Kita tidak tahu bagaimana Dia menghasilkan hidup. Kita tidak tahu bagaimana Dia menggunakan berkat, tapi itu dilakuakn – dan dia menggunakannya dengan cara yang luar biasa. Ingat cerita Yesus memperhatikan orang yang memberikan uangnya dibait.Seorang wanita memberikan 2 keping, koin terkecil dalam budaya Ibrani tapi Dia berkata, “wanita ini memberikan lebih banyak dari semuanya,” {cf, Luke 21:3}.Banyak yang bingung dengan kata-kata itu. Dua keeping sangat kecil dibanding kekayaan yang diletakan dalam bait saat itu.
Apa maksud Yesus? Apa yang dikatakan benar. Cerita yang keluar dari mulut Yesus telah diulangi diseluruh dunia, disetiap budaya dan bangsa.Selama 2000 tahun itu diulangi terus menerus.Hal itu lebih banyak memotivasi orang untuk memberi dari cerita lainnya yang pernah ada. Dengan demikian benar bahwa dalam hikmat dan kuasa Tuhan pemberian yang kecil bisa berkembang sehingga melebihi semua pemberian orang lain, tidak peduli sekaya apa, dalam sejarah kekristenan. Itulah kuasa Tuhan menggunakan pemberian kita. Kita tidak tahu apa yang diperbuat dengan uang dan pertolongan yang kita berikan. Kita juga tidak mengetahui waktu Tuhan. Anda tidak bisa mengatakan bahwa pemberian yang diberikan pada saat kelimpahan lebih besar dari yang diberikan diwaktu yang lain, akan digunakan lebih besar oleh Tuhan dari pada pemberian kecil yang anda berikan. Anda tidak bisa mengatakan apakah 50 sen atau dolar yang diberikan waktu anda di sekolah menengah atau universitas bisa digunakan Tuhan untuk menghasilkan keuntungan besar dalam hidup orang lain, atau sesuatu yang diberikan pada masa tua tidak bisa menghasilkan hal yang sama. Kita tidak tahu kuasa Tuhan atau waktu Tuhan. Tapi kita didorong untuk memberi, karena “Tuhan mengasihi pemberian dengan sukacita,” {2 Cor 9:7b RSV}. Dia mengubah dan memberkati hidup, Dia mengubah sejarah dunia melalui pemberian orang Kristen. Jadi hiduplah murah hati, kata Qoheleth .
Kemudian, bagaimana seharusnya kita hidup?Hidup dengan mendukung kuasa pemerintahan; hidup murah hati dalam memenuhi kebutuhan orang disekitar kita.

No comments:

Post a Comment